Eduphoria, Menyajikan Sumber Belajar Menyenangkan

Mahasiswa Teknologi Pendidikan UNY mengawali tahun dengan serangkaian kegiatan pameran pendidikan. Kegiatan ini merupakan tugas mata kuliah Pameran Teknologi Pendidikan yang diampu oleh Deni Hardianto, M.Pd.. Serangkaian kegiatan pameran tersebut dilaksanakan di Phytagoras Hall, Taman Pintar Yogyakarta pada hari Sabtu dan Minggu, 4 & 5 Januari 2020. Pameran ini bertajuk “Eduphoria” dengan tema “Joyful Learning”. Tajuk dan tema serangkaian kegiatan pameran ini dipilih supaya masyarakat terutama praktisi pendidikan dapat kenal dan termotivasi untuk menciptakan lingkungan pendidikan dan belajar yang menyenangkan. Sehingga peserta didik dapat belajar dengan suka rela, karena senang dengan proses yang disajikan.

Pameran ini diawali dengan sambutan oleh Ketua Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan UNY, Dr. Pujiriyanto, M.Pd dan dilanjutkan sambutan Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd yang sekaligus memukul gong peresmian pembukaan kegiatan pameran Eduphoria. Upacara pembukaan juga dilanjutkan dengan tur area pameran. Selain dihadiri oleh tamu undangan, pameran yang digelar di Taman Pintar ini dihadiri dengan total 2.240 orang pengunjung.

Selain produk dari dosen dan angkatan sebelumnya, terdapat lebih dari 200 produk media dan sumber belajar yang dipamerkan oleh mahasiswa Teknologi Pendidikan yang juga berperan sebagai panitia pameran Eduphoria ini. Berbagai produk tersebut dikelompokkan menjadi beberapa bagian; stand media cetak, stand mobile apps, stand multimedia interaktif, stand media audio, stand e-book, stand motion graphic, stand poster, ruang screening film dan taman Alat Permainan Edukatif. Kegiatan pameran juga diisi dengan bincang komunitas bertemakan “learning how to learn” dan “abdi, edukasi, dan literasi”, edutech care, mini class pelatihan komik strip pembelajaran dan pembuatan aplikasi android berbasis flash, serta seminar nasional pendidikan dengan tema “being a smart learner in digital era”.

Pengunjung yang didominasi masyarakat umum mendapatkan informasi mengenai prodi Teknologi Pendidikan UNY beserta produk yang dipamerkan, baik dengan cara bertanya pada panitia, atau pun panitia Eduphoria mendatangi pengunjung dan langsung menjelaskannya. Pelaksanaan pameran dan produk yang dipamerkan mendapat apresiasi secara lisan mau pun tertulis dari pengunjung. Selain itu tidak sedikit pengunjung yang tertarik dan berminat untuk bekerja sama.