Festival Teknologi Pendidikan bertema Yo Dolan Yo Sinau

Prodi Teknologi menyelenggarakan Festival Teknologi Pendidikan yang diadakan di Museum Pendidikan Indonesia UNY pada tanggal 10-11 Desember 2014. Kegiatan ini diselenggarakan oleh mahasiswa TP yang mengambil mata kuliah Pameran yang diampu oleh Deni Hardianto, M.Pd. Menurut wakil dari mahasiswa, Bagus Dwi Wibowo, Festival ini adalah event rutin tahunan. Tema Yo Dolan Yo Sinau bertujuan agar seseorang belajar tidak hanya melulu dengan membaca buku atau melalui pendidikan formal saja. Festival kali ini lebih mengedepankan media pendidikan dengan memamerkan hasil-hasil produksi mahasiswa TP di seluruh Indonesia. Tercatat mahasiswa Unnes, Unesa dan UNJ turut berpartisipasi pada acara ini. Pada pameran ini juga menampilkan simulasi seperti green screen, media pendidikan bebasis android dan windows, tambah Bagus.

Pada kesempatan ini pula Kajur KTP, Dr. Sugeng Bayu Wahyono, M.Pd menjelaskan bahwa kegiatan ini untuk melatih mahasiswa terjun langsung dalam membelajarkan masyarakat untuk menjadi SDM yang lebih baik. Sehingga mahasiswa tahu kendala-kendala yang ada dalam masyarakat yang heterogen. Beliau menambahkan lagi acara ini untuk meningkatkan angka kunjungan di museum.

Tak ketinggalan pula Dekan FIp UNY, Dr. Haryanto, M.Pd mengapresiasi secara total kegiatan seperti ini, karena kegiatan seperti inilah yang membelajarkan peserta maupun penyelenggara festival. Menurutnya belajarnya anak adalah bermain dan bekerjanya orang dewasa adalah suatu permainan. Kita harus memaknai hidup ini sebagai permainan, karena bila terlalu mendalam, hidup ini akan terasa berat. Intinya sebaiknya kita bermain sungguh-sungguh tapi tidak menyungguhkan permainan. Inilah esensi dari tema Yo Dolan Yo Sinau.

Rangkaian dari Festival ini adalah Lomba Video Iklan Layanan Masyarakat yang diikuti 10 team dari SMA dan SMK se jogja. Kemudian ada lomba fotografi yang diikut 26 peserta dari kalangan umum dan mahasiswa. Lalu lomba mewarnai yang diikuti 140 peserta dari TK dan PAUD se Jogja, serta Seminar Nasional yang menghadirkan Pembicara Lendo Novo pendiri Sekolah Alam. (ant)