Seminar Nasional Perkembangan keilmuan dan penguatan kelembagaan Teknologi Pendidikan di Indonesia, kini dan masa mendatang

Pada tanggal 21 Oktober 2013, Prodi Teknologi Pendidikan menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema Perkembangan keilmuan dan penguatan kelembagaan Teknologi Pendidikan di Indonesia, kini dan masa mendatang. Menghadirkan pembicara  Dra. Dewi Salma Prawiradilaga, M.Sc.Ed. (UNJ) dan Prof. Dr. Mustaji, M.Pd (UNESA).

Kondisi masyarakat sekarang dan yang akan datang telah dan akan selalu berubah seiring dengan pesatnya kemajuan ilmu, pengetahuan dan teknologi, serta kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, program studi Teknologi Pendidikan perlu dan terus untuk senantiasa melakukan penyempurnaan visi dan misi agar eksistensinya selalu relevan dengan tuntutan masyarakat.

Adanya penyempurnaan visi dan misi program studi tersebut dengan sendirinya akan diikuti dengan perubahan kurikulum yang akan menjadi acuan proses pembelajaran. Hal ini semakin mendesak dilakukan dan seiring dengan berlakunya Perpres No. 8/2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Perpres tersebut menjadi acuan dalam penyusunan capaian pendidikan lulusan dari setiap jenjang pendidikan secara nasional.

Perubahan kurikulum program studi Teknologi Pendidikan mengacu pada masa depan, mendasarkan pada perkembangan ilmu dan kelembagaan teknologi pendidikan di Indonesia. Gambaran umum dari lulusan Teknologi Pendidikan pada masa itu telah dirumuskan dalam visi dan misi program studi, sehingga perubahan kurikulum dirancang untuk dapat memenuhi harapan tersebut.

Untuk memenuhi tuntutan tersebut program studi teknologi pendidikan menyelenggarakan seminar terbatas pengembangan keilmuan dan penguatan kelembagaan teknologi pendidikan di Indonesia, seminar ini dihadiri beberapa program studi TP di se-Indonesia, stakeholder, mahasiswa S-1 dan S-2, alumni dan institusi mitra.