Pengabdian Kepada Masyarakat

Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) di Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. PPM ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 Juli 2023 di SD Negeri Malangan 03 pada pukul 08.00 hingga pukul 13.00. Acara ini di buka oleh sambutan perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo, dan dilanjutakan sambutan oleh Kepala Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Tema yang diusung pada pelatihan kali ini adalah tentang “Pembelajaran Inovatif yang Memerdekakan dan Membangun Kemandirian Belajar”.

Audiens yang hadir pada kesempatan kali ini adalah bapak dan ibu guru SD Se-Kecamatan Bulu yang berjumlah 100 orang. Pemateri yang pertama disampaikan oleh Bapak Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd. Beliau berbicara tentang pembelajaran inovatif dalam kemandirian belajar. Bapak Anik menyampaikan mengenai bagaimana cara pembelajaran yang inovatif untuk membentuk kemandirian belajar. Materi kedua disampaikan oleh Bapak Dr. Deni Hardianto, M.Pd., Bapak Deni menyampaikan mengenai kurikulum merdeka. Bapak Deni menyampaikan mengenai implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Setelah penyampaian presentasi oleh kedua narasumber diadakan sesi pertanyaan dan diskusi interaktif dengan para guru.

Pada pukul 10.00 – 13.00 diadakan diskusi interaktif yang dibagi ke dalam lima kelas sesuai dengan pilihan bapak ibu guru diantaranya strategi pengembangan keterampilan belajar mandiri, konsep dan implementasi kurikulum merdeka, pembelajaran yang efektif, efesien, dan menyenangkan disertai tampilan canva, pemnafaatan media sosial untuk memfasilitasi kemandirian belajar dan kreativitas peserta didik, dan literasi media untuk mendukung pembelajaran era digital. Para dosen membantu sebagai narasumber dan fasilitator pada masing-masing kelas.