Visiting Profesor Inbound oleh Prof. Dr. Wu-Yuin Hwang untuk Teknologi Pendidikan

Visiting Profesor Inbound oleh Prof. Dr. Wu-Yuin Hwang untuk Teknologi Pendidikan

 

Bertempat di Aula Muh. Amien FIPP UNY, Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIPP UNY berkesempatan melakukan kegiatan Visiting Profesor Inbound pada Rabu, 28/2/2024 dengan Prof. Dr. Wu-Yuin Hwang sebagai narasumber kegiatan tersebut. Mengambil tema AI(GPT-3) and Recognition Technologies to Facilitate EFL Writing for Supporting Personalization and Contextualization in Authentic Contexts, Prof. Dr. Wu-Yuin Hwang menerangkan bahwa adanya teknologi pengenalan dan IA (GPT-3) sebagai penunjang penulisan EFL atau English as a Foreign Language untuk Mendukung Personalisasi dan Kontekstualisasi dalam Konteks Otentik.

Dihadiri sekitar 55 orang mahasiswa S1 dan S2 TP, sebagai pembuka kegiatan Visiting Profesor Inbound, narasumber memberikan wawasan betapa teknologi AI saat ini perlu diwaspadai penggunaanya agar tidak mengarah ke kecurangan akademik yang nantinya merugikan mahasiswa. Lebih lanjut Prof. Dr. Wu-Yuin Hwang menyampaikan English as Foreign Language (EFL) bisa dijadikan tantangan bagi siswa karena kurangnya sumber leksikal terkait untuk menginspirasi mereka untuk menulis bermakna selain umpan balik tata bahasa. Selain itu, penting untuk merancang umpan balik yang dipersonalisasi berdasarkan tulisan asli siswa dalam membantu meningkatkan kemampuan menulis mereka.

Di akhir kegiatan, Prof. Dr. Wu-Yuin Hwang menyampaikan bahwa apa yang disampaikan adalah hasil penelitian yang sudah publish dan bisa dijadikan wawasan bahan referensi materi perkuliahan. (bds)