Visitasi Akreditasi Prodi Teknologi Pendidikan

Akreditasi Program Studi yang dilakukan oleh  BAN-PT dalam rangka mengevaluasi dan menilai, serta menetapkan status dan  peringkat mutu program studi berdasarkan standard mutu yang telah ditetapkan. Akreditasi merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh setiap Prodi agar dapat menjadi tolok ukur di dalam memberikan pelayanan pendidikan yang lebih bermutu kepada masyarakat. Visitasi  adalah proses penilaian lapangan untuk melakukan validasi antara data yang  terdapat dalam borang dengan kondisi obyektif yang ada dilapangan (tingkat  program studi) yang dilakukan oleh asesor. Tujuan visitasi akreditasi adalah untuk memverifikasi apa yang telah ditulis oleh prodi pengusul melalui butir-butir borang akreditasi. Sehingga diharapkan dengan pengisian borang akreditasi yang benar Prodi S1 TP FIP UNY mendapatkan nilai terbaik. Upaya untuk meningkatkan kualitas ini tentunya memerlukan komitmen kuat dari semua pihak, baik upaya membenahi sumberdaya manusia maupun sumberdaya lain dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai serta dana yang cukup.

Pada tanggal 16 - 17 Oktober 2015 dilaksanakan Visitasi Akreditasi Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta sesuai jadwal yang direncanakan oleh BAN-PT. Dua asesor yang ditugaskan oleh BAN-PT adalah Prof. Dr. Sutjipto (Universitas Negeri Jakarta) dan Prof. Dr. Rusdinal, M.Pd (Universitas Negeri Padang). Kedua Asesor tersebut melakukan penilaian berdasarkan verifikasi data yang tertulis di dalam Borang dan dokumen asli, serta hasil wawancara dengan dosen, mahasiswa, dan alumni Prodi Teknologi Pendidikan. Selanjutnya hasil penilaian akan dibawa oleh asesor dan diserahkan kepada BAN-PT Jakarta dan kemudian 3 bulan ke depan hasil pengumuman resmi mengenai nilai akreditasi akan dikeluarkan oleh BAN-PT.

Banyak pihak yang telah membantu kegiatan ini dari penyusunan borang, persiapan hingga pelaksanaan. Fakultas Ilmu Pendidikan terutama Dekan, Wakil Dekan, Bapak Ibu Kabag Kasubag berserta karyawan juga memberikan perhatian khusus demi kelancaran kegiatan ini. Diharapkan Prodi Teknologi Pendidikan berhasil memperoleh nilai Akreditasi yang lebih baik dari nilai yang sebelumnya. /jz