TEMU KOLEGIAL DAN SEMINAR INTERNASIONAL JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (KTP) FIP UNY menyelenggarakan temu kolegial antar jurusan Teknologi Pendidikan seluruh Indonesia yang dilaksanakan kemarin tanggal 10-11 Mei 2011. Acara diawali dengan temu kolegial yang berlokasi di Hotel LPP Yogyakarta. Acara tersebut dibuka oleh Prof. Dr. Achmad Dardiri, M.Hum selaku Dekan FIP UNY. Dalam sambutan tersebut beliau berharap dengan adanya forum komunikasi antar jurusan se-Indonesia tersebut dapat diperoleh semacam gambaran yang lebih jelas tentang arahan dari alumni (ouput) jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Sambutan dilanjutkan oleh Bapak Sungkono, M.Pd selaku ketua jurusan Teknologi Pendidikan FIP UNY. Beliau menyatakan bahwa acara ini selain untuk menjalin silaturahmi antar jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan di seluruh Indonesia juga bertujuan untuk membahas isu-isu terbaru bidang teknologi pendidikan dengan dialog antar Ketua Jurusan.

Hari berikutnya diisi dengan seminar internasional dengan topik utama yaitu Information Comunication Technology in Education For Peace yang menghadirkan Wan Maseri bt Wan Mohd,Ph.D dari University of Malaya Pahang dan Romi Satrio Wahono dari LIPI. Acara seminar tersebut dilaksanakan di ruang sidang utama rektorat UNY. Hadir untuk membuka seminar adalah Prof. Dr. Rochmat Wahab, MA, M.Pd selaku rektor UNY. Sementara itu, Dr. Haryanto selaku ketua panitia menyebutkan bahwa seminar internasional ini dilaksanakan untuk mengenal peran ICT dalam mewujudkan pendidikan untuk perdamaian sesuai dengan tema seminar tersebut.

Setelah selesai penyajian topik utama, acara seminar selanjutnya dibagi kedalam sistem panel sesuai dengan tema makalah yang telah disepakati sebelumnya. Untuk kelompok panel pertama bertempat di ruang sidang utama rektorat, sedangkan kelompok panel kedua bertempat di ruang Abdullah Sigit FIP UNY. Masing-masing sesi menghadirkan pembicara yang profesional untuk mengupas secara mendalam tentang pentingnya ICT yang disampaikan secara bilingual. (dk & Zulfa)