Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Tambah 2 Guru Besar

Sabtu, (30/12/2023) bertempat di di Performance Hall Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya, Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., AIFO. mengukuhkan 9 Guru Besar UNY dimana Prof. Dr. Sugeng Bayu Wahyono, M.Si. dan Prof. Dr. Ali Muhtadi, M.Pd. termasuk di dalamnya. Dengan mengusung tema Sosiologi Berparadigma Kritis sebagai Penyubur Ketandusan Habitat Epistemologi Ilmu Pendidikan di Indonesia dalam pidato pengukuhan Guru Besarnya, Prof. Dr. Sugeng Bayu Wahyono, M.Si. (Guru Besar dalam Bidang Ilmu Sosiologi Pendidikan) menyebutkan ada 3 faktor utama yang menyebabkan ketandusan epsitemologi, yaitu tereduksi hanya berkutat pada persoalan pendidikan di sekolah, terjadi involusi sebagai implikasi kegiatan akademik mengikuti logika administratif, dan ketidaktertarikan pada paradigma kritis karena berkelindan dengan sejarah perkembangan sistem sosial dan politik. Sementara itu, Prof. Dr. Ali Muhtadi, M.Pd. (Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran) mengutarakan tema Kurikulum dan Pembelajaran Deep Learning  untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis-Inovatif dan Kemandirian Belajar Mahasiswa di Era Digital dalam pidato pengukuhan Guru Besarnya, mengatakan bahwa untuk mewujudkan kemampuan berpikir kritis-inovatif, dan kemandirian belajar mahasiswa, dosen dalam kegiatan pembelajaran berperan sebagai fasilitator, inspirator, dan pematik diskusi inovasi. Sedangkan mahasiswa adalah sebagai subjek belajar yang aktif mengkontruksi dan menginovasi materi untuk memecahkan masalah yang dihadapinya.

Dalam pidatonya juga, baik Prof. Dr. Sugeng Bayu Wahyono, M.Si. maupun Prof. Dr. Ali Muhtadi, M.Pd. menyampaikan ucapan terimakasih tak terhingga kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Rektor UNY, Para Wakil Rektor, Tim 7, Dekan FIPP UNY, Senat UNY dan FIPP, Wakil Dekan FIPP UNY, seluruh Dosen Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIPP UNY, Tenaga Kependidikan yang telah membantu proses pengusulan Guru Besar, Ibu dan Bapak, Keluarga Tercinta, teman, sahabat serta keloga dan seluruh pihak yang telah mendukung atas pencapaian Guru Besar ini.

Pada kesempatan ini pula, Rektor UNY Prof. Sumaryanto memberikan ucapan selamat dan sukses atas raihan prestasi akademik yang luar biasa ini. “Sembilan guru besar ini merupakan edisi ketiga pidato guru besar tahun 2023 dimana tahun ini ada 38 guru besar yang sudah melaksakan pidato” ungkap Rektor. (bds)