Temu Kolegial TP FIP-JIP 2023

Temu kolegial dosen-dosen Program Studi Teknologi Pendidikan dilaksanakan pada Kamis, 6 Juli 2023 dalam rangkaian acara FIP-JIP (Forum Ilmu Pendidikan-Jurusan Ilmu Pendidikan) di Hotel Alana Yogyakarta. Pada pertemuan kolegial ini dihadiri oleh Dosen-dosen Program Studi Teknologi Pendidikan LPTK Se-Indonesia diantaranya UNY, UNP, UNDIKSHA, UPI, UNJ, UNESA, UNNES, UNG, UNIMA, UM, UNIMED, dan UNM.

Pertemuan kali ini menghasilkan beberapa rekomendasi untuk memajukan kualitas lulusan program studi teknologi Pendidikan diantaranya

  1. Penyelenggaraan pembelajaran daring perlu dioptimalkan sebagai pilihan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan. Oleh karena itu diperlukan penyelenggaraan pembelajaran daring yang memenuhi standar mutu dan diperlukan penjaminan mutu.
  2. Perlu dibuka peluang yang lebih luas bahwa mahasiswa diperbolehkan belajar dari berbagai sumber (market place: MOOCs) dari penyedia konten pembelajaran online yang hasilnya dapat direkognisi oleh perguruan tinggi/program studi.
  3. Reorientasi profil lulusan teknologi pendidikan di era digital yang mampu memfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja.
  4. Perlunya regulasi dari Kementrian terkait tentang pengakuan terhadap belajar dan pembelajaran berbasis teknologi pembelajaran untuk menciptakan lingkungan belajar yang smart dan fleksibel dalam memfasilitasi belajar serta meningkatkan performansi pebelajar.
  5. Kolaborasi dosen antar program studi teknologi pendidikan dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi melalui sharing pengetahuan, metode, dan teknologi pembelajaran terbaru dengan melibatkan praktisi secara keberlanjutan dalam pengembangan disiplin ilmu teknologi pendidikan.